PROFILE

Secara Personal, banyak tokoh dalam Seni Lukis Kontemporer, namun dalam perkembangannya saat ini, Andy Warhol merupakan salah satu tokoh yang menerapkan Seni Lukis Kontemporer pada berbagai hasil karya lukisannya.


(Andy Warhol Portrait)

Andy Warhol lahir 6 Agustus 1928 dan meninggal pada 22 Februari 1987 id usia 58 tahun. Andy Warhol merupakan penggerak dalam Seni Lukis Kontemporer, selain itu dia juga sebagai seniman, dan sutradara avant-grande. Warhol juga bekerja sebagai penerbit, produser rekaman dan aktor. Dengan latar belakang dan pengalamannya dalam seni komersil, Warhol menjadi salah satu pencetus gerakan Pop Art di Amerika Serikat pada tahun 1950an.

(Marlyn Monroe, karya Andy Warhol)

Sebagai anak kelahiran Pittsburgh, Andy Warhol pindah ke New York pada usia 21 tahun untuk menjadi seorang seniman komersial. Pekerjaan ini memberinya pengalaman dalam pencetakan silkscreen, yang pada akhirnya menjadi media pilihannya. Warhol membuat lukisan mulai dari objek yang familiar seperti sup kaleng dan brillo pads. Setelah periode yang singkat dengan lukisan tangannya, Warhol mulai menggunakan teknik mekanik untuk memproduksi karyanya secara massa. Ia tertarik dengan budaya populer, yang ia buktikan dengan mulai melukis selebriti dan kliping koran. Warhol juga membuat film dan bekerja sama dengan band rock, The Velvet Underground.

(Karya Andy Warhol: “Velvet Undergrond”)

(Karya Andy Warhol: “Kimiko”)

Di luar dunia seni, Warhol dikenal dengan ucapannya “Di masa depan semua orang akan menjadi terkenal selama 15 menit”. Dia berkata kepada beberapa reporter, “Kalimat terbaru saya adalah, ‘Dalam lima belas menit, semua orang akan menjadi terkenal'”. Karya-karyanya yang paling dikenal adalah lukisan-lukisan kemasan produk konsumen dan benda sehari-hari yang sangat sederhana. Di antaranya gambar sebuah pisang pada cover album musik rock THE VELVET UNDERGROUND & NICO (1967), dan juga untuk potret-potret ikonik selebritis abad 20, seperti Marilyn Monroe, Elvis Presley, Jacqueline Kennedy Onassis, Judy Garland, dan Elizabeth Taylor. Sementara sebagai aktor ia telah membintangi puluhan film sejak masa hidupnya. Di antara film suksesnya adalah BLOW JOB (1963), EAT (1963), BATMAN DRACULA (1964), dan BLOOD FOR DRACULA (1974).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: